Rapat Perdana Panlihda XII, Suara dari Akar Rumput


PDM Kabupaten Blitar mengeluarkan SK Panitia Pemilihan (Panlih), Musyawarah Daerah ke-12, ada nama saya disitu, dengan ketua Panlih Pak Sunan Mahmud.

Berharap SK itu masih bisa berubah dan jika dibolehkan saya ingin sekadar jadi peserta musyda sebagaimana diatur dalam AD/ART sebagai perwakilan majelis/lembaga.

Peserta Musyda berbeda dengan Anggota Musyda, hanya memiliki hak bicara dan bukan hak suara, sehingga tidak ikut memilih.

Anggota Musyda adalah PDM, Perwakilan PCM, PRM dan Organisasi Otonom (Ortom).

Namun SK Panlih telah beredar dan sepertinya "bocor" keluar lebih cepat dari perkiraan sebelum adanya perbaikan nama, lembaga dan lainnya.

Rabu, 1 Februari 2023, selepas Magrib, rapat perdana digelar di Lesehan President, Jatimalang. 4 dari 5 Panlih hadir untuk membahas konsep mentahnya.

Beberapa di antaranya terkait Tata Tertib Pemilihan, Tata Cara Pemilihan, blanko usulan calon dan sejenisnya.

Terkait Tata Cara Pemilihan puncak nantinya, rencana akan menggunakan E-Voting dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

***

Dengan dijadikan Panlih, membuat saya harus "membatasi" wacana dan berkomentar terkait suksesi Musyda, terutama terkait rekomendasi-rekomendasi.

Namun, sebagai penyulut ide, sebaiknya ada yang berusaha untuk terus membangun wacana-wacana terkait Musyda, misalnya dari Angkatan Muda (PDPM, PDNA, PC IMM dan PD IPM).

Sekadar berpendapat tak ada salahnya, agar lebih ramai dan perhelatan besar itu bisa lebih ada "apinya".

Suara dari akar rumput perlu muncul karena dakwah riil sebenarnya ada di ranting, cabang, masjid-masjid, hingga AUM Pendidikan di pelosok-pelosok.

Figur-figur yang merawat dan ngopeni jamaah akar rumput, penting didengar suaranya agar tercipta integrasi dakwah: bottom up, top down.

Termasuk mungkin yang nantinya diusulkan sebagai calon PDM. Terkait figur-figur yang sesuai tentu para pimpinan cabang, ranting dan ortom lebih memahaminya.

Musyda Insyaallah akan digelar 19 Maret 2023, dan Musypimda (semacam Tanwir untuk tingkat daerah) akan digelar 12 Februari mendatang.

Pada Musypimda inilah, Tata Tertib akan dibahas, tentu masukan-masukan dari anggota musyawarah akan sangat penting nantinya.[]

Ahmad Fahrizal Aziz

Blogger dan Aktivis Literasi

Posting Komentar

Tinggalkan komentar di sini, terima kasih sudah mampir di blog ini ya.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak