Akhirnya Ada Calon yang Tidak Diloloskan (Mengintip Rapat Panlih dan PDM)


PDM menerima hasil verifikasi Panlih terkait calon PDM Kabupaten Blitar 2022-2027, seperti pada tulisan sebelumnya, Panlih memberi catatan untuk beberapa calon yang rangkap AUM, parpol dan belum punya NBM.

Menanggapi hal tersebut, diantara PDM sendiri memunculkan pendapat yang berbeda.

Ada yang berpendapat untuk diloloskan semua saja, toh nanti belum tentu terpilih, sekaligus agar muncul banyak calon.

Ada yang berpendapat bahwa calon yang diberi catatan Panlih lebih baik tidak diloloskan saja, toh nanti masih bisa berada di Majelis dan Lembaga.

Dua pendapat ini menciptakan diskusi panjang, hingga muncul opsi ketiga: khusus parpol tidak diloloskan, sementara yang rangkap AUM akan dikonsultasikan ke PWM.

Ketua PDM akhirnya memutuskan jika dari 33 nama calon sementara, 30 diloloskan dan 3 dari parpol tidak diloloskan.

Semangat Tertib Aturan

Panlih berupaya menerapkan tertib aturan dan itu ternyata didukung oleh sebagian PDM yang di antaranya juga masuk calon sementara.

Panlih hanya mengkhawatirkan andai nanti meloloskan beberapa nama yang terbentur aturan dalam AD/ART, beresiko dipanggil PWM seperti daerah lain.

Panlih bisa dianggap tidak becus dalam menjalankan tugasnya, namun ketua PDM selaku Penanggungjawab memberi jaminan pada Panlih untuk mengkonsultasikan calon yang rangkap jabatan AUM atau setara AUM.

Artinya, calon tetap yang nanti muncul adalah hasil diskusi dengan PDM, yang harus dipahami oleh semua pihak, termasuk ada nama yang tidak diloloskan yang (mungkin) akan menciptakan gesekan internal.

Dan Panlih beresiko mendapatkan stigma negatif karena tidak meloloskan calon tersebut.

Meski di sisi lain Panlih juga beresiko dianggap tidak punya ketegasan dalam menentukan calon tetap, andai meloloskan semua calon.

Seperti hasil Musyda PDM Kota Blitar, calon yang disatu sisi rangkap jabatan AUM, bisa tetap lolos menjadi calon tetap bahkan menempati 3 besar suara terbanyak, namun tidak sebagai ketua PDM.

Dalam waktu dekat, 30 nama calon tetap PDM Kabupaten Blitar 2022-2027 akan diumumkan.

Mari menyambut Musyda ke-12 dengan gembira.

Tabik,

Ahmad Fahrizal Aziz

Blogger dan Aktivis Literasi

1 Komentar

Tinggalkan komentar di sini, terima kasih sudah mampir di blog ini ya.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak